Kambing Etawa Senduro

Kambing Etawa Senduro

Kambing etawa Senduro atau dikenal dengan nama Etsen merupakan salah satu jenis kambing etawa di Indonesia selain kambing etawa ras Kaligesing. Kambing etawa jenis ini pernah populer pasar ternak kambing di Jawa dan Malaysia sebelum trend kambing kontes ras Kaligesing. Berikut adalah keunggulan kambing etawa ras Senduro :

1. Ketebalan Kambing Etawa Ras Senduro Sangat Bagus

Peternak dapat memeriksa fakta ini langsung di lapangan. Ketebalan ini dapat diamati melalui arah depan dada kambing. Disini peternak dapat menilai ketebalan tubuh kambing bukan sekedar bulunya. Berikut adalah foto kambing etawa ras Senduro jantan umur 4 bulan (cempe).

2. Postur Kambing Etawa Ras Senduro Tinggi dan Panjang

Kambing etawa ras Senduro memiliki ukuran postur yang bagus. Beberapa foto di website kami menunjukkan bagaimana besarnya ukuran kambing etawa ras Senduro.

3. Bentuk Ambing yang Ideal Sebagai Kambing Perah

Kambing etawa ras Senduro memiliki bentuk ambing yang menyerupai ambing sapi. Ciri khas ambing kambing etawa ras Senduro adalah kantong kapur atau kanpor. Kanpor ini memberikan ketahanan yang kuat dan produksi maksimal pada saat kambing ini diperah. Hal ini berlawanan dengan bentuk ambing botol. Ciri serupa dimiliki oleh kambing Sanaen. Inilah alasan kenapa beberapa peternak menggunakan kambing Sanaen yang memiliki kanpor yang besar. (lihat artikel : Memilih Kambing Etawa Perah)

4. Harga yang Masuk Akal Untuk Diternakkan

Harga kambing etawa ras Senduro sangat ditentukan oleh ukuran postur kambing tersebut, bukan berdasar faktor estetika atau seni seperti bentuk kepala, bentuk telinga, panjang telinga, lebatnya bulu, warna kepala dan lain-lain.

5. Menghasilkan Keturunan Unggul

Kambing etawa ras Senduro dapat dikawinkan dengan kambing lain seperti kambing etawa ras Kaligesing. Hasil persilangan keduanya akan memunculkan keunggulan dari masing-masing. Disini kami paparkan foto hasil persilangan pejantan kambing etawa ras Kaligesing dan betina kambing etawa ras Senduro. Hasil persilangan ini menghasilkan kambing dengan postur yang bagus. Bentuk kepala gundul ciri khas etawa ras Senduro dengan kepala hitam ciri khas etawa ras Kaligesing.

6. Pola Pemeliharaan yang Sama Dengan Kambing Etawa Lain

Tidak ada perlakuan khusus untuk etawa ras Senduro. Bahkan kambing etawa ras Senduro dapat diternakkan di daerah tropis.

Dengan melihat keunggulan diatas peternak kambing pedaging atau perah akan memiliki keuntungan dengan beternak kambing etawa ras Senduro. Berikut adalah keuntungan bagi peternak:

1. Memudahkan Peternak Dalam Memilih Kambing

Kambing etawa ras Senduro tidak dibagi dalam kriteria kelas A, B, C dan D. Pembagian ini sangat membingungkan bagi peternak. Terkadang kelas C posturnya lebih besar dari kelas B, tapi harga kelas B lebih mahal karena

faktor estetika (corak warna, panjang kuping, dll). Hal ini tidak relevan bagi peternak yang hanya berfokus pada kambing pedaging dan perah.
Dalam memilih ras Senduro peternak cukup menentukan umur dan postur yang diinginkan.
2. Meringankan Biaya Investasi Awal

Dengan modal yang relatif kecil peternak dapat memiliki kambing etawa dengan kualitas bagus untuk diternakkan sebagai kambing pedaging dan perah. Kualitas ini dapat diperiksa langsung dari lapangan maupun peternakan kami.

3. Menjual Kambing Etawa Senduro Lebih Mudah

Harga kambing etawa Senduro yang realistis (dinilai dari posturnya) membuat peternak mudah untuk menjualnya. Daya serap pasar jelas yakni untuk konsumsi maupun religi. Kami sering menerima keluhan peternak yang kesulitan menjual kambing etawa yang telah dibeli dengan harga mahal. Tidak semua orang dapat atau bersedia membeli kambing etawa yang mahal hanya

untuk konsumsi (lihat artikel : Tentukan Tujuan Sebelum Beternak Kambing Etawa)
4. Kambing yang Unggul Untuk Ternak Kambing Pedaging dan Perah

Ketebalan dan postur kambing etawa Senduro akan menentukan bobot dagingnya (lihat artikel : Jamnapari King Boleh Capai Berat 120 Kilogram). Sering ditemui kambing dengan postur tubuh yang besar namun memiliki ketebalan yang tipis. Kambing seperti ini kurang memberikan keuntungan. Sebagai kambing perah, bentuk ambing yang ideal akan memberikan hasil maksimum. Selain itu bentuk ambing seperti ini lebih kuat dan aman bagi kesehatan kambing.

5. Kambing 2 in 1
Dengan beternak etawa Senduro, peternak dapat memproduksi susu kambing sekaligus menjualnya sebagai kambing pedaging.
6. Menghasilkan Silangan yang Unggul

Hewan yang unggul diperoleh dari hasil persilangan kambing yang unggul. Kambing etawa Senduro dapat dikawinkan dengan jenis kambing etawa lain dan menghasilkan keturunan yang unggul pula.

7. Meminimilisasi Resiko

Resiko beternak selalu ada termasuk kematian. Jika harga seekor kambing etawa mahal dan mati, maka peternak akan dapat mengalami kerugian yang banyak. Dengan harga kambing etawa ras Senduro yang realistis maka peternak tidak akan mengalami kerugian banyak jika seandainya kambing ini mati.

Dari paparan diatas beternak kambing etawa ras Senduro jelas memberikan keuntungan secara ekonomis bagi peternak kambing pedaging dan perah. Hal ini dapat dianalogikan seperti beternak ayam potong. Tentunya ayam yang dipilih adalah ayam broiler bukan ayam bekisar untuk kontes atau aduan.
Hal ini sama dengan memilih kambing etawa. Jika tujuan peternak adalah untuk beternak kambing pedaging dan perah maka yang diperlukan bukan kambing etawa untuk kontes. Peternak tidak perlu diributkan masalah warna kepala, panjang kuping, bentuk kepala, dan faktor-faktor estetika yang lain. Peternak hanya perlu fokus pada produksi daging dan susu.

Kambing etawa ras Senduro adalah pilihan realistis dalam beternak kambing pedaging dan perah. Peternak tidak perlu ditakutkan ketakutan yang disebabkan naiknya harga etawa seperti: apakah harga etawa akan stabil?, apakah trend harga kambing etawa adalah trend sesaat?, apakah saya perlu mengupgrade kambing saya ke kelas katakanlah A atau B? dan keraguan yang lain.

About rajaetawa

rajanya etawa
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s